3 Penyakit Pasca Puasa Dan Lebaran

Jakarta, 10 Desember 2013

Puasa Ramadhan berdampak bagi kesehatan tubuh karena merupakan bagian dari proses detoksifikasi tubuh, pengontrolan gula darah, kolesterol, dan kontrol emosi yang optimal. Namun banyak terjadi fakta pasca puasa Ramadhan, jumlah penghuni rumah sakit atau poliklinik dibanjiri pasien karena bermasalah dengan kesehatannya. Kenapa terjadi demikian?

Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM merilis artikelnya tentang masalah kesehatan pasca Lebaran karena dilatari oleh pengalaman klinis dan budaya berlebaran masyarakat Indonesia. Ada tiga macam sebab datangnya penyakit: Penyakit akibat kelelahan, penyakit kronik yang kambuh saat Lebaran, serta penyakit akibat ketiadaan pembantu.

    1. Penyakit karena kelelahan
      • Kelelahan selama perjalanan, menyebabkan infeksi pernafasan atas atau diare.
      • Tubuh kurang banyak bergerak selama perjalanan, menyebabkan sakit kepala atau pegal-pegal.
      • Makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur seadanya, menyebabkan daya tahan menurun dan menyebabkan flu atau infeksi saluran pernafasan atas.
      • Mengkonsumsi jajanan yang tidak terjamin kesehatannya saat diperjalanan, menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas dan diare.
      • Kurang beristirahat setiba di kampung halaman setelah perjalanan mudik, menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan berkembangnya infeksi virus flu maupun diare.
    2. Penyakit kronik yang kambuh

Penyebab dan gangguan kesehatan yang sering dialami saat berlebaran umumnya terjadi karena mengkonsumsi makanan dan minuman tak terkontrol saat Lebaran, hingga berpotensi naiknya kembali gula darah, kolesterol, asam urat, maag, dan berat badan, bahkan lebih dari sebelumnya.

     3.   Penyakit akibat tidak ada pembantu

Umumnya terjadi karena:

    • Sanitasi rumah terganggu karena tak ada yang membersihkan.
    • Penularan penyakit akibat serangga maupun hewan pembawa penyakit akibat sanitasi terganggu (lalat, nyamuk, tikus, kecoa, dan lain-lain).
    • Mengkonsumsi makanan-makanan yang disimpan tanpa dipanaskan, karena alasan efisiensi memasak kala pembantu rumah tangga tak ada.

Pulihnya tubuh karena puasa seharusnya diikuti dengan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya. Selamat berlebaran!

Sumber: http://www.internafkui.or.id/?page=article.detail&id=30

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel