6 Tips Mudik Sehat

Jakarta, 10 Desember 2013

Mudik dengan kendaraan sendiri? Selain kendaraan yang harus fit dan sehat, kondisi pengemudi dan penumpang pun tak boleh kalah fit dan sehat. Sering dijumpai masalah yang terjadi pada saat mudik menggunakan kendaraan sendiri seperti kelelahan, mengantuk, dan lain-lain. “Tahun lalu kami sekeluarga membawa mobil pulang kampung. Total perjalanan kami hingga dua hari satu malam. Terpaksa kami menginap semalam di Cirebon,” ujar Umi, ibu satu anak asal Kota Bekasi yang mudik menuju Kota Sukoharjo – Jawa Tengah. Ia bersama suami dan anaknya pulang mudik Lebaran tahun 2014 lalu.

Bagi para calon pemudik yang akan pulang berlebaran di kampung halaman tahun ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar aman dan nyaman selama perjalanan.

  1. Cek kesehatan, terlebih jika punya keluhan sakit tertentu. Kemacetan dan durasi panjang serta energi yang terkuras selama perjalanan, membutuhkan kondisi prima dan terjaganya kesehatan. Bawa obat-obatan yang dibutuhkan selama perjalanan.
  2. Bawa bekal makanan dan minuman yang sehat dan tidak memicu meningkatnya kolesterol jahat atau mengganggu kinerja jantung. Jika harus jajan di jalan, hindari makanan-makanan yang memicu kerja lambung lebih keras.
  3. Bagi yang membawa bayi atau anak-anak, menjaga asupan makanan dan minuman mereka sangat penting agar tidak terjadi permasalahan selama dalam perjalanan. Umumnya kondisi daya tahan tubuh anak masih sangat rentan untuk perjalanan panjang dan akan terpicu sangat cepat kesehatan yang diakibatkan kelelahan melalui makanan-makanan yang dikonsumsinya.
  4. Jika kondisi tengah lelah dan makin menurunkan konsentrasi, maka beristirahat lah. Jangan paksakan diri. Gunakan pengaturan jadwal berhenti selama perjalanan secara periodik. Semisal dua atau empat jam mengemudi harus berhenti beristirahat. Bisa juga menggunakan ukuran kilometer untuk mengatur jadwal berhenti istirahat secara periodik. Menentukan cara demikian akan memicu jam biologis tubuh beserta ketahanannya.
  5. Tubuh bekerja secara sistematis. Kelelahan tanda harus beristirahat. Jangan terlalu paksakan diri dengan minuman atau makanan berenergi yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara temporer.
  6. Jika sampai tujuan, jangan paksakan diri beraktifitas lainnya. Sempatkan untuk beristirahat sebagai upaya adaptasi dan pemulihan tubuh setelah perjalanan.

Sumber:

http://health.liputan6.com

http://www.lebaran.com/kesehatan/

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel