3 Tips Sajikan Kue dan Cake Natal yang Lebih Sehat

Jakarta, 10 Desember 2013

Tak terasa, bulan Desember kembali tiba di hadapan kita. Suasana Natal pun mulai dirasakan oleh para Happy Friends yang merayakannya bersama keluarga. Gambaran perayaan Natal bersama keluarga ditemani berbagai sajian nikmat khas Natal pasti sudah terbayang, ya?

Natal memang terasa semakin menyenangkan dengan berbagai sajian kue dan cake Natal yang lezat. Tapi agar sajian Natal tidak merusak rencana Happy Friends untuk menyajikan hidangan yang lebih sehat untuk keluarga, yuk kita buat sajian Natal yang lebih sehat. Bagaimana caranya? Simak saja tips-tips menyajikan kue dan cake Natal yang lebih sehat berikut ini:

1. Buat cake dan kue dengan buah-buahan, sehingga cake dan kue terasa lebih manis alami tanpa banyak gula tambahan

Buah-buahan seperti apel, strawberry, dan buah-buahan lain akan membuat cake dan kue kering buatan Happy Friends terasa lebih lezat. Bahkan penambahan buah-buahan kering seperti kismis dan sultana akan membuat cake dan kue Natal terasa lebih manis. Karena itu, tak ada salahnya mengurangi sedikit gula yang Happy Friends gunakan dalam resep, ya. Penggunaan buah-buahan dalam cake dan kue juga membuatnya menjadi lebih bergizi karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan.

2. Gantikan bahan-bahan pada resep dengan bahan yang lebih sehat, misalnya:

- Tepung terigu dalam resep bisa digantikan dengan tepung gandum dalam jumlah yang sama, misalnya 200 gram tepung terigu bisa digantikan dengan 200 gram tepung gandum.

- Gula bisa digantikan dengan ekstrak vanila murni, contohnya tiap 2 sendok makan gula bisa digantikan dengan 1/2 sendok teh ekstrak vanila murni.

- Gula juga bisa digantikan dengan saus apel tanpa gula dalam jumlah yang sama. Misalnya, gantikan 200 gram gula dengan 200 gram saus apel tanpa gula.

- Kalau Happy Friends membuat brownies atau kue kering, separuh mentega pada resep bisa digantikan dengan alpukat atau pisang yang dihaluskan dalam jumlah yang sama. Misalnya, kalau resep menggunakan 400 gram mentega, maka separuh dari jumlah mentega tersebut, tepatnya 200 gram mentega, bisa digantikan dengan 200 gram pisang atau alpukat yang dihaluskan.

- Gantikan bahan-bahan dengan varian yang lebih rendah lemak, misalnya gantikan mentega biasa dengan mentega rendah lemak, gantikan susu full cream dengan susu rendah lemak atau susu kedelai, dll.

3. Siapkan porsi yang lebih sehat

Godaan untuk makan berlebihan memang sulit untuk dilawan, terutama pada saat perayaan yang meriah seperti Natal. Untuk membantu mencegahnya, siapkan kue dan cake Natal dalam porsi yang lebih kecil. Misalnya, buat cake dalam ukuran loyang yang lebih kecil atau kue kering dengan ukuran yang lebih kecil.

Dengan tips di atas, Happy Friends bisa menyiapkan kue dan cake Natal tanpa harus meninggalkan pola makan sehat. Toh, kue dan cake Natal sehat yang Happy Friends siapkan akan memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan kue dan cake Natal yang biasa Happy Friends sajikan. Kalau Happy Friends merasa kurang yakin dengan perubahan yang harus Happy Friends lakukan pada resep kue dan cake, Happy Friends bisa mencari resep kue dan cake Natal yang lebih sehat dan rendah lemak dan kalori di internet ataupun di buku resep.

Sehat bukan berarti tidak enak, lho! Kue dan cake Natal buatan Happy Friends tentu akan membuat Natal semakin meriah. Selamat merayakan Natal!

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel