5 Guna Minyak Kedelai dalam Memasak Selain untuk Menggoreng

Jakarta, 10 Desember 2013

Memang ada banyak minyak untuk memasak yang tersedia di pasaran. Tapi untuk memilih minyak yang digunakan dalam hidangan untuk keluarga, tentu Happy Friends tidak hanya memperhatikan rasa dari minyak, tapi juga manfaatnya bagi kesehatan.

Minyak kedelai seperti Happy Soya Oil merupakan jenis minyak yang punya banyak manfaat kesehatan. Jenis minyak ini tidak mengandung lemak trans, rendah lemak jenuh, dan kaya asam lemak Omega 3 dan vitamin E. Selain manfaat tersebut, minyak kedelai juga memiliki titik didih tinggi, sehingga tidak mudah berasap dan tidak mudah berubah rasa serta warnanya bila dipanaskan dengan suhu tinggi. Karena titik didihnya yang tinggi ini, minyak kedelai cocok digunakan dalam sajian gorengan.

Tapi minyak kedelai tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng lho, Happy Friends. Ada 5 macam cara lain untuk menggunakan minyak kedelai dalam masakan, yaitu:

1. Tumis

Manfaat kesehatan dari minyak kedelai tentu lebih terasa bila digunakan dalam cara masak yang lebih sehat seperti tumis. Apalagi minyak kedelai memiliki rasa yang ringan, sehingga hanya akan memperkuat cita rasa bahan makanan yang digunakan dalam sajian tumis.

2. Memanggang kue

Tahukah Happy Friends bahwa hampir semua margarine dan mentega menggunakan sedikit minyak kedelai dalam proses pembuatannya? Karena itu, Happy Friends bisa menggantikan sebagian margarin dan mentega dalam resep cake dan kue dengan minyak kedelai. Dengan cara ini, sajian cake dan kue buatan Happy Friends akan mengandung lemak jenuh yang lebih rendah.

3. Sajian bakar

Punya rencana membuat acara bersama keluarga untuk merayakan Tahun Baru? Acara bakar-bakaran biasanya sering jadi pilihan. Agar sajian bakar mendapatkan warna dan rasa yang nikmat, jangan lupa untuk mengolesi bahan makanan yang akan dibakar dengan Happy Soya Oil. Happy Friends juga bisa menambahkan sedikit minyak kedelai pada saus rendaman sajian bakar. Karena titik didihnya yang tinggi, minyak kedelai juga cocok digunakan untuk sajian bakar.

4. Saus salad

Saus salad membutuhkan sedikit minyak untuk mendapatkan tekstur saus yang pas. Jenis minyak yang biasa digunakan untuk membuat saus salad adalah olive oil. Tapi Happy Friends juga bisa menggunakan Happy Soya Oil, kok! Padukan saja Happy Soya Oil dengan bahan saus salad lain seperti Red Wine Vinegar, perasan lemon, jahe, dll. Salad buatan Happy Friends pun akan terasa lebih lezat dan segar.

5. Saus celupan

Saus celupan akan membuat sajian gorengan menjadi lebih nikmat. Dan seperti saat membuat saus salad, minyak kedelai juga bisa Happy Friends gunakan untuk membuat saus celupan lezat. Saus celupan pun tak hanya lezat, tapi juga memiliki kandungan nutrisi tambahan yang didapat dari minyak kedelai.


Minyak kedelai memang cukup fleksibel digunakan dalam berbagai cara. Minyak kedelai juga merupakan pengemulsi yang baik, sehingga bisa digunakan untuk membuat mayonaise dan berbagai macam saus yang dikocok seperti saus Hollandaise atau saus Bearnaise. Jadi kalau Happy Friends ingin membuat mayonaise atau saus Hollandaise dan saus Bearnaise di rumah, Happy Friends bisa menggunakan Happy Soya Oil sebagai emulsifier untuk mendapatkan kekentalan yang tepat. 


Bagaimana dengan Happy Friends dan keluarga? Sajian apa yang paling sering Happy Friends siapkan menggunakan Happy Soya Oil?

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel