Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Intip 5 Tips Diet untuk Penderita Jantung

Bagi Anda penderita penyakit jantung atau memiliki keturunan penyakit jantung sudah saatnya rubah pola makan Anda dengan melakukan diet tentunya. Hal itu karena, berbagai masalah yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah diakibatkan oleh sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Nah buat Anda yang inin melakukan diet untuk jantung sehat, sebaiknya dicek dulu yuk apa saja sih aturan diet yang harus Anda ketahui.

1.       Hindari Lemak Jenuh

Anda masih boleh mengkonsumsi lemak, namun tetap perhatiakn jenisnya ya. Penggunaan lemak jenuh harus dihindarkan, sedangkan lemak tak jenuh berganda yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah bisa dikonsumsi untuk menggantikan lemak jenuh.

Hindari juga makanan berkolesterol tinggi seperti kerang, udang, susu full cream juga jeroan. Dan untuk penggunaan minyak, penggunaan minyak kelapa sawit dan santan kental sebaiknya dihindari ya. Gunakan minyak sehat seperti Happy Soya Oil yang terbuat dari 100% kedelai murni. Perhatikan juga jumlah pemakaiannya ya usahakan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak.

2.       Perhatikan Jumlah Penggunaan Gula dan Garam

Anda mungkin akan memilih gula diet agar terasa lebih sehat dibanding gula biasa. Namun tetap jumlah penggunaannya harus diperhatikan juga ya. Jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi gula, karena konsumsi gula yang tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis.

Pengurangan garam perlu dilakukan jika penderita mengalami edema dan tekanan darah tinggi. Pemakaian garam yang dianjurkan cukup 2-3 gram perharinya.

3.       Konsumsi Protein Sesuai Kebutuhan

Sebenarnya tidak ada perbedaan jumlah protein yang dibutuhkan oleh penderita jantung ataupun Anda yang sehat yaitu hanya sekitar 0,8 gram/kg berat badan. Tapi sebaiknya pilih sumber protein yang memang sesuai kebutuhan. Untuk penderita jantung protein yang dianjurkan adalah yang rendah lemak, jika protein hewani seperti daging tanpa gajih, ayam tanpa kulit, ikan, susu rendah lemak dan telur tanpa kuningnya ya.

Sedangkan untuk protein nabatinya, sebaiknya konsumsi kacang kedelai dan olahannya serta kacang merah. Hindari jenis kacang-kacangan yang memiliki lemak tinggi seperti kacang tanah, kacang mede dan kacang bogor.

4.       Vitamin dan Mineral

Semua vitamin dan mineral yang didapat dari buah dan sayuran boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Namun tetap perhatikan jenisnya juga ya, usahakan hindari buah dan sayur yang mengandung gas seperti nangka, durian, kol, lobak dan sawi. Sayur dan buah yang mengandung gas dikhawatirkan akan membuat penderita mengalami sesak nafas.

5.       Cukupi Kebutuhan Serat

Serat sangat penting dikonsumsi ya Happy Friends, kebutuhan serat yang dianjurkan untuk penderita penyakit jantung adalah sebsar 25gram perhari. Untuk penderita yang mengalami konstipasi atau sembelit sebaiknya kebutuhan serat dalam seharinya ditambah lagi.

Nah, itulah 5 aturan diet yang harus diketahui untuk menu makanan sehat penderita penyakit jantung. Segera rubah pola makan Anda ya agar jantung tetap terjaga kesehatannya. Ganti juga minyak goreng Anda dengan Happy Soya Oil yang mengandung 100% kedelai alami yang aman untuk kesehatan jantung Anda dan keluarga.

Sumber :

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/serangan-jantung/diet-jantung-makanan/

http://www.tribunnews.com/kesehatan/2012/10/30/10-diet-penting-untuk-penderita-jantung-koroner