Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Kenali 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Tubuh

Kedelai umumnya dikenal sebagai bahan baku makanan tahu atau tempe. Selanjutnya berkembang menjadi bahan baku favorit seperti susu kedelai bahkan minyak goreng. Kandungannya menjanjikan untuk mendapatkan gaya hidup sehat. Apa saja sih sebenarnya manfaatnya itu?

  • Dari jenis kacang-kacangan yang memiliki lemak nabati jenuh, kacang kedelai justru memilik lemak tak jenuh ganda. Kandungan lemak pada kacang kedelai hanya 19 persen, terdiri dari asam linolenat atau asam lemak omega-3. Uniknya, kandungan ini umumnya terdapat pada minyak ikan, dan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
  • Sama halnya dengan jenis kacang-kacangan, kacang kedelai memiliki kandungan protein tinggi yang bermanfaat untuk membangun sel-sel dalam tubuh, baik dewasa maupun terlebih anak-anak.
  • Banyak terdapat pada buah-buahan, serat pula dimiliki oleh kacang kedelai yakni sejumlah delapan gram serat alami. Hal yang serupa ditemui pada tempe dan tepung kedelai. Serat tersebut akan berkurang kadarnya jika diproses menjadi makanan olahan seperti contohnya pada tahu dan susu kedelai. Seratnya sanggup membantu pencernaan dalam tubuh.
  • Kandungan lainnya yang terdapat pada kedelai adalah kalsium. Terbilang lebih baik dari kandungan kalsium jenis kacang-kacangan lainnya, kalsium pada kedelai menyerupai manfaat susu sapi.
  • Bagi yang memiliki gangguan metabolisme, kedelai mengasupnya dengan kandungan lechitin, yakni penghasil senyawa choline yang membantu metabolisme lemak yang tersendat dalam hati. Lechitin pula mencegah gejala penyakit alzheimer dan kandungan pitosterol di dalamnya meningkatkan kekuatan sel saraf.
  • Kaum wanita yang rentan terhadap, dapat melakukan pencegahannya dengan mengkonsumsi kedelai karena mengandung isoflavon, yakni sejenis zat berstruktur kimia identik dengan estrogen. Isoflafon meningkatkan kepadatan tulang wanita dan menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis. Juga isoflavin membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat polusi udara.
  • Berdasarkan penelitian, minyak kedelai tidak mengandung kolesterol dan menjadi sumber asam lemak tak jenuh ganda, yakni asam linoleat dan asam linolenat. Keduanya berpengaruh pada kontraksi otot polos dan tekanan darah hingga menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Sumber:

http://manfaat.co.id/10-manfaat-kedelai-berdasarkan-kandungan-gizinya

http://www.wesehat.com/2014/10/7-manfaat-kacang-kedelai.html

http://sehat-secara-alami.blogspot.com/2012/10/7-manfaat-penting-kedelai-bagi-kesehatan.html