Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Jenis-jenis Makanan Bernutrisi Tinggi

Menjaga pola makan menjadi salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, Anda harus tahu makanan-makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang baik. Apalagi untuk Anda yang sedang menjalani program diet, rasanya percuma bila mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Itu akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi hingga menimbulkan penyakit.

Selain itu, nutrisi juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak, dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Perlu Anda ketahui, nutrisi bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan yang mengandung protein nabati maupun protein hewani. Jadi, bila Anda vegetarian bisa tetap memilih makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Dari kedua jenis protein tersebut, ada beberapa jenis makanan tinggi nutrisi. Berikut ini jenis-jenis makanan bernutrisi tinggi dari protein nabati dan hewani yang wajib Anda ketahui:

1.Protein Nabati

Sayuran merupakan makanan utama yang dihasilkan oleh protein nabati. Sayuran juga dikenal sebagai makanan yang mengandung serat alami, vitamin, mineral, antioksidan, dan rendah kalori. Ada beberapa jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, yaitu brokoli, wortel, lobak, bayam, kentang, tomat, dan kembang kol. 

Sayur-sayuran inilah yang wajib menjadi bahan olahan masakan Anda, jika ingin menghasilkan makanan bernutrisi tinggi. Coba cek persediaan bahan-bahan masak Anda, apakah sayur-sayuran tersebut tersedia di dapur Anda? Bila tidak, sudah saatnya Anda memasukkan sayur-sayuran tersebut dalam daftar belanja.

2.Protein Hewani

Seperti yang kita ketahui, protein hewani dihasilkan dari hewan. Terdapat dua makanan dari protein hewani yang mengandung nutrisi tinggi, yaitu telur dan daging. Telur bernutrisi tinggi karena mengandung banyak protein. Sedangkan daging yang bernutrisi tinggi terdapat pada daging ayam (bagian dadanya), daging sapi, ikan, dan udang.

Ternyata selain dari makanan, ada pula minuman yang memiliki nutrisi tinggi. Minuman tersebut adalah susu murni, yaitu susu yang dihasilkan langsung dari perasan sapi. Bila Anda ingin kandungan nutrisinya tetap tinggi, jangan mencampur susu hasil perasan dengan bahan apapun.

Untuk memperoleh nutrisi tinggi tersebut, Anda bisa memasak jenis-jenis makanan bernutrisi tadi menjadi hidangan spesial. Yuk, olah makanan-makanan tersebut dengan Happy Soya Oil. Semoga kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda terpenuhi, Happy Friends!

 

Sumber: 

http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/top-10-sayuran-paling-tinggi-nutrisi-di-dunia.html

http://kuherbal.com/makanan-yang-mengandung-nutrisi-dan-protein-tinggi.htm

http://www.kamusq.com/2013/11/nutrisi-adalah-pengertian-dan-definisi.html